Bicara Buku: Sendal Jepit Kisah Metamorfosis

Bicara Buku: Sendal Jepit Kisah Metamorfosis

Ruang Presentasi Perpustakaan Sekretariat Jenderal MPR RI rutin menggelar acara bicara buku. Berbagai judul buku mulai dari politik sampai buku bertema inspiratif dibicarakan tuntas. Kali ini, Selasa (16/9), ‘bicara buku’ membedah sebuah buku karya Slamet Riyadi berjudul ‘Sendal Jepit, Kisah Metamorfosis’.

Sekilas judul buku tersebut agak ‘nyeleneh’, namun menurut pengarangnya, buku ini bisa dibilang curahan hati dan sebuah kisah inspiratif dan berbumbu motivasi. Buku ini bukanlah buku yang menceritakan tentang si Dul yang sukses menjadi tukang insinyur, juga bukan kisah tentang seorang Joko Tingkir dari negeri dongeng.

Buku ini bercerita tentangkisah seorang anak pasar yang bisa mencapai cita-citanya dan sukses mencapai sarjana dan master di Universitas Indonesia ( UI ) dengan jalan yang sulit dan berliku. Sekretaris Jenderal MPR RI Eddie Siregar yang pada kesempatan tersebut didaulat menjadi Keynote speech mengatakan bahwa buku ini berisi kisah nyata perjalanan seseorang hingga mencapai apa yang dicita-citakan, walaupun dengan jalan yang sulit dan penuh tantangan.

“Memang indah jika kita menggali kembali memori masa lalu. Mengingatkan saya saat masa kuliah dulu banyak sekali memori yang tak terlupakan. Banyak sekali filosofi yang membayangi buku ini, dari judulnya saja sendal jepit, kita tak mengira buku ini penuh inspirasi, walaupun judulnya secara harfiah mengingatkan kita kepada alas kaki sederhana yang bisa kita temui di mana-mana,” ujarnya.

Hadir dalam acara Bicara Buku tersebut, anggota DPD RI Elnino M. Husen Mohi dan Fuady Munir dosen Universitas Yarsi./dry