LAYANAN

 

Perpustakaan MPR RI memberikan layanan kepustakaan offline , online dan interaktif. Layanan offline telah berlangsung sejak lama, sedangkan layanan online baru berlangsung pada akhir tahun 2013 kemarin bersamaan dengan kehadiran website www.pustaka.mpr.go.id. Layanan interaktif adalah memberikan kesempatan kepada khalayak untuk mendiskusikan koleksi yang dianggapnya menarik bersama wakil rakyat di dalam format BICARA BUKU Bersama WAKIL RAKYAT yang lazimnya dilaksanakan sekali atau dua kali di dalam sebulan.

 

LAYANAN OFFLINE

Layanan offline adalah layanan konvensional di perpustakaan MPR dengan kegaitan peminjaman koleksi untuk dibaca di tempat, peminjaman koleksi untuk dibawa pulang. Peminjaman koleksi untuk dibaca ditempat diberlakukan untuk koleksi khusus yang jumlahnya terbatas dan sifatnya strategis. Sedangkan peminjaman koleksi untuk dibawa pulang, dibaca dirumah mempunyai batas waktu peminjaman selam 3 hari, dengan disertai jaminan kartu identitas asli yang masih berlaku dan alamat jelas serta referensi peminjam yang dapat dipertanggungjawabkan.

Waktu yang disediakan untuk layanan Offline adalah setiap hari kerja mulai pukul 08.30  WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB.

 

LAYANAN ONLINE

Layanan online adalah layanan dijital yang bia diakses di mana pun juga oleh siapa pun juga kapan pun juga. Layanan Online menyediakan open content dan open access pada koleksi khusus yang strategis yang merupakan produk-produk MPR RI selama ini. Layanan online dpaat disimak pada website www.pustaka.mpr.go.id , jika menginginkan layanan online yang interaktif juga dapat dilakukan dengan menuliskan surat ke alamat elektronik perpustakaan@mpr.go.id


LOKASI LAYANAN

 

              Perpustakaan MPR RI, terletak di kawasan Komplek MPR /DPR dan DPD di Senayan. Menempati tempat yang luas, dilengkapi dengan galeri, perpustakaan ini merupakan perpustakaan khusus tentang Parlemen di Indonesia. Perpustakaan ini menyimpan rekaman sejarah kegiatan Majelis sejak masa MPRS hingga masa sekarang ini. Oleh karena Anggota MPR adalah Anggota DPR ditambah Anggota DPD, maka di perpustakaan MPR juga tersedia segala informasi yang berhubungan dengan DPR dan DPD secara garis besar.

              Jika, ingin memperoleh secara spesifik kegiatan DPR dan DPD, pengunjung yang datang ke Senayan bisa langsung mengunjungi Perpustakaan DPR dan Perpustakaan DPD, karena jarak ketiganya yang berdekatan dan bertalian erat.

               Ruang lingkup informasi dan publikasi di dalam Perpustakaan MPR meliputi kegiatan-kegiatan Majelis Permusyawaratan Rakyat berdasarkan ketentuan yang termuat di dalam UUD 1945, Bab II, Pasal 2 dan 3, bahwa :

                Majelis Permusyawaratan Rakyat terdiri atas anggota DPR dan anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum dan diatur lebih lanjut dengan undang-undang. Majelis Permusyawaratan Rakyat bersidang sedikitnya sekali dalam lima tahun di ibukota negara. Segala Putusan Majelis Permusyawaratan Rakyat ditetapkan dengan suara yang terbanyak.

               Majelis Permusyawaratan Rakyat berwenang mengubah dan menetapkan Undang Undang Dasar. Majelis Permusyawaratan Rakyat melantik Presiden dan/atau Wakil Presiden.Majelis Permusyawaratan Rakyat hanya dapat memberhentikan Presiden dan/atau Wakil Presiden dalam masa jabatannya menurut Undang Undang Dasar.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------