Haiku bersama Wakil Rakyat dan Noorca Massardi, Jodhi Judono dan Rayni Massardi

 

NOORCAM Massardi, Rayni N Massardi, dan Jodhi Yudono meluncurkan tiga buku terbaru karya masing-masing di Perpustakaan MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (20/9). 
Acara ini dihadiri sejumlah seniman kondang, jurnalis kawakan dan juga Anggota DPR Faisal Basri.
Hadir pula Christyan AS, ilustrator buku Daun Itu Mati karya Rayni N Massardi. Sebelumnya digelar juga sof t launching di Paideia Cafe, Yogyakarta, Senin (14/8), dan launching di Bentara Budaya Bali, Jumat (25/8). Selain Noorca, Rayni, Jodhi, dan Christyan AS yang menyanyi, membacakan karya, dan penayangan visualisasi video art, tampil juga aktris Renny Jayusman membacakan Bungka , puisi lima baris dalam format 1-2-3-4-5 suku kata ciptaan Noorca, sebagai penghormatan kepada Bung Karno, dan Oet Kusmiadi (Suket Garinggesang), yang secara spontan menciptakan musik dan lagu berdasarkan beberapa puisi Hai Aku . 

Sejumlah seniman dan budayawan yang hadir juga ikut meramaikan dengan membaca petikan karya ketiga pengarang tersebut. Tiga buku dari tiga pengarang itu diterbitkan penerbit yang sama, yakni Kaki Langit Kencana, Prenada Media Grup, Jakarta, dan diluncurkan secara bersamaan. Ketiga pengarang itu memang berkeliling ke beberapa kota dalam acara bincang musik dan berbagi yang mereka namakan NRJ Tour 2017: Enerji 3 Books 3. NRJ adalah singkatan dari Noorca, Rayni, dan Jodhi. Ketiga buku mereka adalah kumpulan puisi dalam format haiku Hai Aku (karya Noorca M. Massardi), kumpulan cerpen grafis (graphics short stories ) Daun Itu Mati (karya Rayni N Massardi), dan novel Paijo & Paijah - The Paijo Family (karya Jodhi Yudono). 

Kumpulan puisi Hai Aku adalah karya kedua Noorca M Massardi dalam format haiku setelah Hai Aku Sent To You (2017). Yang hadir dalam buku puisi Hai Aku ini adalah waktu yang bersandar pada Senin hingga Minggu. Buku ini juga diperkaya ilustrasi karya Hwie Janto. Sedangkan, Daun Itu Mati yang merupakan graphics short stories mengisahkan tujuh cerita pendek dan 20 puisi yang seluruh kisahnya memiliki benang merah perihal perjuangan manusia mengatasi ketidakberdayaannya di tengah gempuran kekerasan hidup yang datang bergelombang. 

Hampir semua cerpen bernada gelap, menuturkan renungan terdalam batin manusia yang terpinggirkan. Buku ini dimaknai gambar atau ilustrasi Christyan AS. Adapun Paijo & Paijah - The Paijo Family mengisahkan keluarga urban yang datang dari Surabaya dan mencari penghidupan yang lebih baik di Jakarta. Pergumulan pantang menyerah sebuah keluarga kecil; bapak, ibu, dan anak semata wayang. 


Haiku bersama Wakil Rakyat dan Noorca Massardi, Jodhi Judono dan Rayni Massardi
  • Haiku bersama Wakil Rakyat dan Noorca Massardi, Jodhi Judono dan Rayni Massardi
  • Haiku bersama Wakil Rakyat dan Noorca Massardi, Jodhi Judono dan Rayni Massardi